click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next

Rp 0 to Rp 0

More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search

Rp 0 to Rp 0

More Search Options
we found 0 results
Your search results

Kebutuhan Rumah Subsidi Bagi Masyarakat

Posted by Gita Adinda on March 28, 2019
| 0

Harga rumah bersubsidi di setiap daerah masing-masing berbeda. Pada 2018, harga untuk rumah subsidi di Pulau Jawa dan Sumatera mencapai Rp130 juta. Adapun Pulau Kalimantan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Sulawesi masing-masing Rp142 juta dan Rp136 juta per unit.

Sementara itu, harga untuk Pulau Maluku, Maluku Utara, Bali, Nusa Tenggara dan Jabdetabek dipatok Rp148,5 juta. Sisanya yakni Papua dan Papua Barat dipatok Rp205 juta.

Pemerintah berencana mengubah harga rumah bersubsidi pada tahun depan yang relatif akan lebih rendah, dan disesuaikan dengan kelas peminatnya. Sebab, pemerintah menilai kelas MBR ada dua golongan yakni MBR kelas menengah dan MBR kelas bawah. Dan kebanyakan dari mereka kesulitan untuk memiliki rumah karena harga rumah yang terlalu tinggi atau pendapatan yang terlalu rendah.

Pemerintah telah memberlakukan program sejuta rumah yang terdiri dari 70 persen untuk rumah subsidi dan sisanya untuk rumah komersil setiap tahunnya. Hingga kini program sejuta rumah tersebut mencapai 1.076.856 unit per 3 Desember 2018.

Program yang diluncurkan oleh pemerintah tersebut sangat membantu masyrakat yang ingin memeliki rumah tapi tidak memiliki cukup biaya. Bayangkan saja apabila program tersebut diluncurkan akan lebih dari dari 1 jt keluarga di Indonesia yang akan dengan mudah memiliki rumah. Tapi tentunya untuk memiliki rumah subsidi pun ada beberapa syaat dan ketentuan. Biasanya syarat dan ketentuan akan langsung dikeluarkan oleh pemerintah, pihak perbankan dan developer rumah itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

WhatsApp WhatsApp us