fbpx
click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next

Rp 0 to Rp 0

More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search

Rp 0 to Rp 0

More Search Options
we found 0 results
Your search results

Apa Itu Property? Apa sih Untungnya?

Posted by Gita Adinda on April 16, 2019
| 0

Banyak orang menyebut property tapi terkadang sebagian orang tidak tahu apa itu property, dan terkadang mereka masih bingung mengenai bisnis properti. Ok, kalau begitu mari kita bahas

Kata properti berasal dari bahasa inggris “property” yang berarti sesuatu yang dapat dimiliki seseorang. Di Indonesia, istilah properti identik dengan real estate, rumah, tanah, ruko, gedung, atau gudang.

Arti property seperti dikutip dari Wikipedia.com merupakan kepemilikan seseorang terhadap suatu barang ataupun non barang. Dewasa ini properti sering dikaitkan dengan rumah, perumahan ataupun hunian, padahal segala sesuatu yang sifatnya itu kepemilikan bisa disebut sebagai properti. apalagi barang tersebut terdaftar secara resmi dan memiliki surat-surat kepemilikan.

Bukan hanya itu property dalam artian luas dibagi menjadi dua jenis juga 1

1.Property Bersifat Barang

Properti yang bersifat barang: adalah semua benda yang dimiliki oleh seseorang ataupun kelompok yang diakui secara sah oleh pihak lain (pemerintah) ataupun diakui sah secara adat.

2.Property Besifat Non-Barang

properti yang bersifat bukan barang yaitu semua karya yang dibuat oleh individu maupun kelompok, seperti karya ilmiah, dan ini sering disebut kekayaan ilmiah.

  • Properti sebagai sumber pendapatan
  • Terdapat banyak jenis pekerjaan di bidang properti:
  • Broker tradisional (BT)
  • Agent profesional
  • Properti management
  • Investor
  • Developer

Disamping itu property memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, diantaranya :

Kelebihan Investasi Properti

Rendah Resiko

Keuntugan pertama dari investasi properti adalah tingkat risikonya yang rendah. Hal ini dikarenakan pergerakan nilai properti tidak sekencang dan sesensitif saham. Karena itulah, investasi properti cocok untuk investor yang tidak ingin mengambil risiko tinggi.

Nilai Keuntungan Meningkat Dari Tahun Ke Tahun

Kelebihan yang dua adalah nilainya yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Selain itu, dalam waktu pendek, investasi properti pun menghasilkan keuntungan lain dalam bentuk uang sewa maupun uang kontrak. Sehingga keuntungan yang didapat dari investasi ini terbilang cukup besar.

Dapat Dijadikan Agunan

Jika kamu menginginkan investasi properti lain, hasil keuntungan dari properti sebelumnya dapat digunakan sebagai agunan untuk mengajukan pinjaman baru.

Siklus keuntungannya kurang lebih akan sama sehingga investor lebih mampu memperkirakan properti seperti apa yang dibutuhkan terkait dengan besarnya modal, jangka waktu balik modal, keuntungan yang didapatkan, serta memperhitungkan berapa tanggungan hutang yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu.

Dapat Terlihat Secara Fisik

Investasi properti begitu jelas wujud fisiknya, sehingga investasi ini cukup diminati oleh pemilik modal besar.

Kekurangan Investasi Properti

– Biaya perawatan untuk investasi properti relatif mahal

– Modal yang diperlukan untuk melakukan investasi properti terbilang cukup besar. Meski begitu, keuntungan yang didapat akan sebanding bahkan lebih bisa lebih besar dibanding modal yang dikeluarkan.

– Biaya transaksi yang harus di keluarkan untuk investasi properti terbilang tinggi. Biaya ini mencakup pajak seperti PPH dan BPHTB. Besarnya pajak PPH adalah 5% yang dikenakan bagi penjual dan untuk BPHTB sebesar 5% dikenakan bagi pembeli.

– Rawan apabila terjadi bencana alam atau kecelakaan yang disengaja. Risiko ini bisa mulai dari risiko ringan hingga risiko berat.

Semoga artikel ini dapat membantu kita yang belum mengerti akan property, baca juga artikel lainnya dan informasi mengenai pemasaran property di http://www.kabarrumah.co.id  

source from google

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

WhatsApp WhatsApp us