fbpx
click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next

Rp 0 to Rp 0

More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search

Rp 0 to Rp 0

More Search Options
we found 0 results
Your search results

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pembangunan Rumah

Posted by Gita Adinda on April 18, 2019
| 0

Dalam membangun rumah bukan hany masalah biaya saja. Tetapi dalam membangun rumah memang harus ada perancangan yang matang dan tepat sehingga hasil dari pembangunan rumah tidak akan mengecewakan. Contohnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

Perhitungkan Anggaran Yang Dibutuhkan

Tentunya anggaran menjadi salah stau poin penting dalam membangun rumah impian anda.  Jika dana  belum cukup maka mulailah dengan menyicil materialnya terlebih dahulu.  Harga material rumah tidaklah murah maka sangat disarankan untuk menabung material rumah anda sedini mungkin. Toh, material ini tidak akan busuk atau rusak dimakan waktu. Anda bisa menyicil batu-bata, batako, pasir, semen atau cat dinding yang bisa bertahan lama.

Pertimbangkan Lokasi Rumah Anda

Selanjutnya pertimbangkan lokasi rumah  yang hendak dibangun.  Pilihlah lokasi yang strategis agar mempermudahkan akses transportasi dan fasilitas umum lainnya. untuk lokasi yang strategis biasanya dikenakan harga yang cukup tinggi. Biarpun begitu lahan yang anda miliki ini bisa jadi investasi untuk masa depan anda. Jangan lupa untuk menghindari tanah yang masih dalam sengketa sehingga periksa dengan hati-hati kelengkapan surat  saat pembelian lahan yang anda inginkan.

Pastikan Izin Membangun Rumah Sudah Ditangan

Untuk membangun rumah juga perlu izin dari pihak berwenang setempat. Anda perlu mengantongi dahulu izin membangun rumah atau IMB yang dikeluarkan oleh  kepala daerah setempat baik pemerintah kabupaten maupun kota. Lama kepengurusan IMB biasa memakan waktu hingga 15 hari kerja.  Untuk persyaratannya sendiri diantaranya ialah bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan tahun berjalan, surat pernyataan kepemilikan tanah, fotokopi surat kepemilikan tanah, fotokopi identitas diri dan SPPT serta surat kuasa bila dikuasakan.

Persiapkan Desain Rumah Yang Hendak Dibangun

Tidak lupa untuk mempersiapkan desain rumah yang hendak dibangun. Apakah rumah yang hendak didirikan ini berlantai satu atau bertingkat-tingkat. Berapa ruangan yang diperlukan dan seberapa besar rumah yang ingin anda dirikan.  Apakah rumah yang ingin dibangun termasuk rumah minimalis atau tidak. Anda juga perlu menentukan perabotan yang dibutuhkan untuk rumah anda. Selain itu juga perlu ditentukan pintu, jendela atau kusen yang ingin digunakan.

Siapa Pekerjanya?

Keberhasilan membangun rumah impian anda juga tergantung dari para pekerja yang direkrut.  Dengan pekerja yang terampil maka desain rumah yang anda inginkan bisa dengan mudah diwujudkan.  Tidak hanya kemampuan pekerja sendiri yang patut anda perhatikan namun juga karakter pekerja yang dipilih. Pekerja yang jujur dan giat akan membantu anda dalam menghitung budget rumah yang  benar-benar dibutuhkan.  Tidak lupa untuk negosiasi perihal gaji yang dibayarkan dan bagaimana sistem pembayarannya seperti per hari, per minggu atau per bulan.

Cari Material Yang Tepat

Tentunya material penting untuk membangun rumah impian anda. Setelah memiliki perhitungan biaya dan seperti apa desain rumah yang hendak anda bangun maka mudah untuk belanja material yang dibutuhkan. Selain membeli material secara tunai, anda juga bisa membelinya secara kredit.  Penggunaan bahan bangunan yang tepat akan membuat rumah anda bisa berdiri  kokoh dan tahan akan setiap iklim yang dihadapi.

Itulah beberapa poin yang wajib anda perhatikan ketika membangun rumah.  rencanakan jauh-jauh hari agar anda tidak salah perhitungan dan lebih  siap dalam pembangunan rumah anda.

sumber: www.anekabangunan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

WhatsApp WhatsApp us