fbpx
click to enable zoom
Searching...
We didn't find any results
open map
View Roadmap Satellite Hybrid Terrain My Location Fullscreen Prev Next

Rp 0 to Rp 0

More Search Options
We found 0 results. View results
Advanced Search

Rp 0 to Rp 0

More Search Options
we found 0 results
Your search results

Antisipasi Hadapi Bencana Banjir di Rumah

Posted by Gita Adinda on May 28, 2019
| 0

Ancaman banjir akan selalu menghantui seluruh manusia, apalagi sudah masuk musim penghujan. Memang bencana banjir tidak bisa diprediksi kapan datangnya, tapi kita dapat membuat antisipasi untuk mencegah bencana banjir. Memang ebncana banjir tidaik dapat dihindari tapi setidaknya kita melakukan segelintir hal yang dapat memperkecil kemungkinan kebanjiran.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjadi antisipasi dalam pencegahan bencana banjir :

1.Cek Saluran Pembungan

Ada baiknya kita rutin mengecek slauran pembuangan, apalagi ketika musim penghujan tiba. Karena biasanya saluran pembuangan yang kurang terawat sering sekali menimbulkan gejala banjir yang diakibatkan oleh sampah – sampah yang menyumbat.

2.Membuat Biopori

Salah satu penyebab banjir adalah air permukaan yang tidak meresap ke dalam tanah, maka untuk mempermudah air masuk ke dalam tanah, Anda bisa membuat lubang biopori. Biopori adalah lubang lubang-lubang kecil yang dibuat di dalam tanah. Fungsinya untuk mengoptimalkan daya serap air, biasanya biopori dibuat di halaman rumah.

3.Menanam Tanaman Penyerap Air

Menanam tanaman penyerap air juga bisa dijadikan solusi untuk mengurangi dampak banjir, ada beberapa jenis pohon yang dikenal dapat menyerap air dengan baik yakni pohon bambu, pohon jati, rumput akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa, hingga palem putri.

4.GunakanĀ ubin keramik

Pasang lantai dasar menggunakan ubin keramik. Lantai keramik tidak mudah rusak jika terkena banjir. Lantai juga jadi lebih mudah dibersihkan setelah banjir. Jika Anda menggunakan lantai kayu, Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk perbaikan lantai.

5.DapurĀ stainlees steel

Rancang dapur Anda menggunakan bahan stainless steel dan kayu solid. Ini lebih baik dibandingkan Anda menggunakan chipboard (papan partikel). Material stainless steel lebih kuat terhadap banjir dan mudah dibersihkan dibanding kayu.

Anda juga dapat menginstal free-standing kitchen units yang dapat dipindahkan. Jadi ketika banjir menerjang Anda dapat memindahkan perabotan dapur dengan muda

5 Cara diatas merupakan cara sederhana dalam mencegah terjadinya bencana banjir, yang mungkin dapat membantu teman teman semua.

source from google

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Compare Listings

WhatsApp WhatsApp us